Assesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Tahun 2022

Seperti kita ketahui bahwa Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK), merupakan kegiatan penting bagi pemerintah di dalam menilai mutu pendidikan saat ini. hal ini tentunya harus dilaksanakan sebaik baiknya oleh seluruh jenjang pendidikan mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah menengah pertama (SMP), hingga Sekolah menengah atas (SMA ) dan Sekolah menengah kejuruan (SMK).  Untuk sekolah dasan ( SD) tentunya menjadi kendala tersendiri mengingat infrastruktur LAB TIK yang sebagian besar sekolah dasar belum memadai. 

Asesmen Nasional adalah program evaluasi yang diselenggarakan Kemdikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses, dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan. Asesmen Nasional terdiri dari tiga instrumen, yaitu AKM (Asesmen Kompetensi Minimum), Survey Karakter, dan Survey Lingkungan Belajar. AKM dilakukan untuk mengukur literasi membaca dan numerasi murid. Survey Karakter untuk mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter murid. Survey Lingkungan Belajar untuk mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan. 

Asesmen Nasional Berbasis Komputer atau yang dikenal dengan singkatan ANBK adalah kegiatan yang dilaksanakan oleh murid kelas 5 pada jenjang SD. Peralatan yang perlu disiapkan adalah komputer yang memiliki aplikasi ANBK serta jaringan internet yang stabil. Nama peserta ANBK sudah tersedia di laman ANBK Kemdikbud, sehingga sekolah tidak bisa memilih murid mana yang akan diikutsertakan. 

SD Negeri 2 Kendit sudah melaksanakan ANBK sejak tahun 2021 secara Mandiri dan ditumpangi. Meskipun dengan fasilitas LAB TIK yang amat sangat minim dari ketentuan yang ada, SD Negeri 2 Kendit bisa menjamin kelancaran didalam kegiatan ANBK, sehingga tujuan pemerintah didalam menilai mutu pendidikan dapat terlaksana dengan baik.

Kegiatan ANBK untuk sekolah dasar (SD) pada tahun 2022 dilaksanakan pada bulan Oktober pada tanggal 24 dan 25 Oktober 2022. Pada tahun ini, SD Negeri 2 Kendit selain melaksanakan mandiri juga ada 1 sekolah yang menumpang yaitu SDN 1 Tambak Ukir.

Secara keseluruhan kegiatan berjalan dengan sangat lancar dan baik tanpa kendala apapun meski cuaca saat ini terkadang mendung, hujan dan angin. Hal ini tentunya menjadi harapan semua pihak agar Mutu pendidikan di negara Indonesia semakin maju, dan sehingga menghasilkan penerus penerus bangsa yang hebat.